Decodian, Kerajinan Asal Yogyakarta yang Mengusung Teknik Decoupage

kerajinan tangan yogyakarta

Ditangan kreatif Nur Diana Hidayati terlahir sebuah bisnis kerajinan tangan yang diberi label Decodian. Bisnis kerajinan tangan ini mengusung konsep decoupage yang mana merupakan seni gabungan antara memotong bahan dan kemudian ditempelkan pada sebuah media produk.

Decoupage diambil dari bahasa Perancis yaitu d├ęcouper yang memiliki arti memotong.

Dimulai sejak tahun 2016, Dian menyebut bahwa ia hanya memulai bisnisnya ini dengan modal sebesar Rp. 500 ribu saja. Uang tersebut ia gunakan untuk membeli peralatan serta kebutuhan lainnya. Saat itu kerajinan decoupage memang sedang ngetren di Yogyakarta.

Melihat adanya peluang bisnis, Dian saat itu langsung mempelajari teknik decoupage secara mandiri dengan menonton video di sosial media. Produk awal yang ia buat ialah kerajinan tas dengan menggunakan material pandan.

kerajinan decoupage
instagram.com/decodian

 

Meski terlihat mudah karena hanya menggunting kertas dan kemudian menempelkannya, Dian mengakui bahwa dalam mengaplikasikan teknik decoupage diperlukan ketelatenan untuk menghasilkan produk yang bagus.

Hingga saat ini Dian sudah mengaplikasikan teknik decoupage pada berbagai produk seperti tas, dompet, kipas dan lain sebagainya. Bahan yang digunakan pun diantaranya bamboo, pandan, rotan serta daun lontar.

Produk-produk dari Decodian sendiri dijual secara online dan juga offline. Dian memang kerap kali membawa Decodian ke berbagai pameran ataupun lokapasar. Tak hanya warga lokal, banyak juga warga asing yang tertarik pada kerajinan hasil karya Dian ini.

kerajinan tangan yogyakarta
instagram.com/decodian

 

Mengingat teknik decoupage sudah banyak digunakan oleh para pelaku usaha lainnya, Dian menyebut bahwa Decodian akan melakukan inovasi untuk memberikan sesuatu yang berbeda kepada konsumennya.

Dalam waktu dekat, Dian menyebut akan mengusung teknik baru yaitu teknik sospeso. Teknik yang satu ini akan menghadirkan motif yang timbul dan transparan sehingga memberikan kesan desain yang nyata.

Tak hanya berjualan, Dian juga membuka kelas pelatihan decoupage dasar baik secara private maupun umum. Dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 50 ribu hingga Rp. 550 ribu, kamu bisa mendapatkan produk-produk buatan Dian ini dengan mengunjungi Instagram @decodian.